Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan , Contoh Object of Preposition dan Prepositional phrase TOEFL ITP

Materi Object of Preposition berkaitan erat dengan Prepositional Phrase, dan Materi ini sangat penting dalam soal TOEFL khsususnya dibagian Soal structure and Written Expressions. Penjelasan Object of preposition akan saya bahas pada artikel ini,  contoh, fungsi dan Penempatannya didalam kalimat. Seluruh postingan didalam blog ini memuat materi kursus TOEFL yang bisa kalian ikuti step by step sampai kalian memahami betul materi dari dasar. materi ini sudah tertera dalam modul, dan ini adalah penjabaran dari modul TOEFL yang bisa kalian dapatkan secara gratis. 
Silahkan buka bab Object of Preposition di modul yang telah anda download, setelahnya kerjakan soal dibagian Exercise Object of preposition. 
Agar pemahaman materi TOEFL ini bisa dipahami dengan baik bacalah postingan sebelumnya yang membahas materi materi dasar dan urutan materi bisa anda lihat di Modul dan juga di Lesson Plan kursus.
Lihat Juga : Pengenalan Tes TOEFL

Apa Itu Object Of Preposition?? 

Object of Preposition adalah kata benda/noun phrase atau bisa juga pronoun yang letaknya tepat setelah kata depan atau preposisi. Fungsi dari kata benda tersebut adalah untuk menjadi objek atau pelengkapnya preposisi agar bisa dipahami maknanya.
jika kalian belum mengetahui kata benda, ada baiknya baca artikel tentang Kata benda dan penjelasannya bisa dibaca diartikel tersebut.
  Cek artikel : Present participle dan Past Participle
Jadi ada beberapa poin yang harus kalian pahami :
  • Preposisi
  • Kata benda
  • Phrase benda
  • Objek Pronoun
  • Objek/pelengkap 
  • Prepositional Phrase
Preposisi adalah kata depan , contoh preposisi : in, at, on, to, with, for, from, between, under, beside dll. Preposisi dapat berupa kata yang bermakna di,ke ,kepada,untuk,dari dll. Preposisi membutuhkan objek/pelengkap, agar preposisi tersebut bisa jelas dan dipahami artinya. jadi ga cuma "ke" aja, nanti bingung kemana nih? hehe. So, Preposisi selalu membutuhkan objek dan objeknya preposisi berupa kata benda yang letaknya tepat setelah preposisi tersebut.

Kata benda adalah kata yang menyebut nama orang, hewan, tempat atau benda itu sendiri. contoh ; John, A book, Jakarta, A cat.

Phrase Benda/Noun Phrase adalah gabungan kata sifat plus benda. contoh; a big book, two handsome boys. dll

Objek Pronoun adalah kata ganti benda yang posisinya berada di Objek atau dibelakang. contoh objek pronoun; me, you, them, us, him, her, it.

Objek/Pelengkap adalah kata benda yang diletakkan setelah verb atau preposisi. Kata benda ataupun objek pronoun namanya jadi objek kalau ditempatkan setelah Verb atau Preposisi. 

Paham kan?? Nah sekarang coba kita buat prepositional phrase. pertama pilih preposisi dan kata benda yang nanti dijadikan objek atau pelengkapnya preposisi tersebut.

With John. with adalah preposisi dan John adalah kata benda yang dijadikan objeknya preposisi"with" . So, John namanya Object of preposition 
Note : Objeknya nya preposisi tidak bisa dijadikan subjek ya, karena kata benda tersebut sudah dimiliki oleh preposisi sebelumnya. jadi misal seperti ini :
with Budi ............. study English.
Budi tidak bisa dikatakan subjek, meskipun itu adalah kata benda, karena Budi sudah menjadi miliknya preposisi "with" sebagai objeknya. maka soal tersebut membutuhkan subjek agar kalimat bisa berdiri. with Budi I study English.
Baca Juga : Materi Appositive TOEFL dan TBI STAN

Bagaimana dengan Prepositional Phrase??  

Prepositional Phrase adalah gabungan/rangkaian preposisi dengan objeknya. 
Contoh; With Budi, to school, for you, in the class dll.
Semua gabungan preposisi dengan kata benda setelahnya adalah prepositional phrase.

Fungsi Prepositional phrase sebagai keterangan/adverb ( Place /time/General )
dan Letaknya bisa diamanapun didalam kalimat : bisa diawal kalimat, setelah subjek atau bisa juga dibelakang. anda bisa menambahakan beberapa prepositional phrase lebih dari satu didalam kalimat agar kalimatnya menjadi panjang dan terkesan bagus untuk dibaca atau didengarkan.

Soal TOEFL seringaklai panjang karena banyak prepositional phrase yang disisipkan didalamnya.
contoh contoh penempatan prepositional pharse didalam kalimat;
With John I study English in the classAt 9 o'clock in the morning I with John Study English in the class
Agar lebih jelas lagi tentang materi Object of Preposition dan Prepositional Phrase, silahkan simak videonya, jangan lupa untuk subscribe channel 99toefl agar mendapatkan update materi TOEFL dan Bahasa Inggris terbaru.Tinggalakan komentar jika anda belum paham.Sekian Penjelasan , Contoh Object of Preposition dan Prepositional phrase TOEFL ITP semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "Penjelasan , Contoh Object of Preposition dan Prepositional phrase TOEFL ITP"