Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan kata "Like" Suka dan Seperti

Kata "Like" dapat digunakan sebagai "Verb" dan Preposition. di dalam Bahasa Inggris, Penggunaan kata Like sering membuat siswa kebingungan dengan arti atau aturan yang tepat apakah sebagai "verb" atau preposisi. Melalui postingan ini kita akan belajar perbedaan kata Like yang bermakna suka dan seperti/mirip. 

Like Sebagai Verb

Kata "Like" yang difungsikan sebagai Verb memiliki makna suka, yang digunakan untuk menyatakan kesukaan atau minat pada sesuatu. untuk rumus atau aturannya sebagai berikut:
Kalimat Positive S + Like + O + K
I like an apple ( Saya suka apel )
John Likes an apple ( John Suka apel )
Kata "like" pada contoh diatas merupakan kata kerja, dengan aturan tenses Simple Present. Perbedaan penggunaan kata Like dan Likes tergantung dari subjek yang digunakan. Untuk subjek I, you, we, they cukup dengan kata "Like", sedangkan Subjek He, She, It ( Orang/Benda tunggal ) menggunakan kata Likes. Perbedaannya hanya menambah kata "S" saja. Materi penambahan "S/ES" sudah dibahas pada materi Simple Present.
Kalimat Negative S + do/does not + Like + O
We do not like an apple ( Kita tidak menyukai apel )
My mother does not like an apple ( Ibu saya tidak menyukai apel )
Membuat kalimat menyangkal dengan kata like tidak bisa secara langsung menambahkan kata "not" sebelum "like" tidak bisa seperti in ya I not like an apple. Dalam membuat kalimat menyangkal ataupun tanya memerlukan kata kerja bantu Do dan Does. ( Cek postingan sebelumnya tentang penggunaan do, does, did) . dan yang paling penting adalah kata "like" di kalimat negative harus kembali ke bentuk asal yaitu v1 ( Like ) apapun subjeknya. Terkadang do not ditulis don't dan does not ditulis doesn't. penulisan ini cukup umum dalam kontek writing atau speaking. 
Kalimat Tanya ( Yes/No) do/does + S + like + O ?
Do you like an apple? Yes, I do/ No I don't
Does She like an apple? Yes she does, No, She doesn't 
Pembuatan kalimat tanya cukup menempatkan kata kerja bantu do/does diawal , sebelum verb "Like", dan lagi lagi kata kerja like harus murni menggunakan v1 apapun subjeknya. tidak boleh does She likes an apple? tapi does She like an apple??
Kalimat Tanya Dengan W-H Question ( Why/Where/What/When/How dll)
W-H Question do/does + S + like + O? / W-H Question do/does + S + like?
Why do you like an apple?? Because .....
What do you like? I like...

Like Sebagai Preposition

Kata "Like" juga bisa difungsikan sebagai preposisi, dan artinya mirip
Rulenya1 S + Tobe ( is, am, are ) + like + Noun ( Person )
John is like Mary ( John mirip Mary ) or John is similar to Mary
Rule2 S + V + Like Noun
You walk like your father
Contoh diatas , kata "like" dapat diartikan "seperti" karena dalam konteknya bukan menggambarkan wajahnya tapi dari perilakunya.contoh kedua menyiratkan ada kemiripan cara orang tersebut berjalan seperti yang dilakukan ayahnya. Jadi, "like" yang difungsikan sebagai preposisi dapat bermakna mirip jika menggambarkan penampakannya dan bisa bermakna "seperti" jika menggambarkan perilaku.

Bonus :  Feel Like = want ( ingin )

Kata " Like " bisa diletakkan setelah kata kerja Fell = Feel like yang bermakna ingin.
Rule S + Feel + Like + Noun/v1ing 
I feel like an apple ( Saya ingin apel )
I feel like going to the beach. ( Saya ingin pergi ke pantai )
Kata Feel Like dapat diikuti dengan kata benda atau Gerund ( v1 ing ), jadi jika stelah kata like ingin diikuti kata kerja maka harus dirubah menjadi v1 ing seperti contoh diatas.

Bonus : Like new ( Seperti baru )

The wall was just painted , so It is like new ( Dindingnya baru saja di cat, sehingga itu seperti baru )
Like sebagai Conjunction ( Seperti ) 
Rule S V like S V
You speak like she speaks ( cara bicara kami seperti dia bicara ). Penggunaan "like" sebagai conjunction umumnya tidak formal. jika ingin penggunaan formal kalian bisa ganti dengan "As"
You speak as She speak

Kesimpulan materi

Kata " Like" memiliki berbagai macam arti dan fungsi. Bisa sebagai Kata kerja, Preposisi, dan Comjunction ( Penghubung ). setidaknya kalian bisa memahami fungsi "like" tidak hanya sebagai kata kerja namun bisa juga memiliki fungsi lainnya.
Sekian materi kita tentang penggunaan "Like" yang bermakna suka atau seperti/mirip.
Sekian semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Perbedaan kata "Like" Suka dan Seperti"