Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu present participle dalam materi Grammar Structure TOEFL dan TBI STAN

Kalian sedang mencari tahu materi Grammar Present Participle dalam soal TOEFL maupun TBI STAN?? dalam artikel ini akan saya bahas materi present participle dengan jelas beserta fungsi dan contohnya di dalam kalimat.

Pengenalan Present Participle

Present participle adalah istilah kata untuk menyebut kata kerja v1 ing . jadi materi present participle sebenernya masih satu kategori dengan past participle. Mengetahui materi ini sangat penting ya guys untuk bisa mengerjakan soal soal bahasa inggris khususnya soal TOEFL dan juga Soal STAN. Materi participle ini tidaklah sulit , karena kalian sebenarnya sudah familiar dengan materi ini namun belum diperdalam sehingga sedikit membingungkan. tapi jangan khawatir , saya akan membahas materi present participle dengan jelas beserta fungsi dan contohnya. Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan skor toefl tinggi silahkan anda membaca Tips mendapatkan skor TOEFL tinggi dengan mudah guys. selain present participle, ada juga past participle, Apa itu past participle, silahkan cek postingan sebelumnya tentang "Past Participle".

Seperti yang saya katakan sebelumnya present participle hanyalah istilah untuk menyebut kata kerja v1 ing. contohnya ;
  • Eating an apple 
  • going to school
Contoh di atas adalah present participle , an apple dan to school hanyalah pelengkap dari v1ing tersebut, jadi itu satu rangakai an y guys, cuma yang namanya present participle yang eating dan going kata benda atau keterangan setelahnya hanyalah tambahan saja agar kata v1ing nya menjadi lebih lengkap dan mudah di pahami. 

sekilas kalau diartikan dua kata diatas mengandung arti melakukan kegiatan, betul tidak?? namun, v1 ing ternyata memiliki dua fungsi y guys. jadi jangan buru2 menyimpulkan v1 ing adalah kata kerja, karena present participle memiliki dua kegunaan dalam kalimat. apa saja fungsinya?? 

Fungsi Present Participle

Sebagai kata kerja kalimat atau verb

V1ing atau present participle bisa menjadi kata kerja kalimat dengan syarat menambahkan kata kerja bantu tobe sebelumnya ya guys, jadi tobe dan v1ing nanti menjadi satu rangkaian menjadi predikat atau verb kalimat. berikut ini macam macam kata kerja bantu tobe ;
is , am, are / was, were / be / been 

penggunaan tobe bisa pilih salah satu y guys tapi harus cocok dengan subjeknya.
I  tobe nya am jadi i am/was
you , we, they ( jamak ) tobe nya are/were
he, she, it ( orang ketiga tunggal ) tobe nya is/was
sedangkan "be" sebelumnya dikasih kata kerja bantu modal dulu seperti : will/would/can/could/shall/should/may/might/must dan been dikasih have/has/had dlu ya.

gimana , bisa dipahami?? kalau belum silahkan lihat videonya ya dan kalian bisa tanya langsung dengan saya di channel tersebut. dan jangan lupa download modul TOEFL lengkapnya dan buka materi tentang present participle agar lebih mudah dipahami.

Nah kalian bisa lihat videonya ya, dan buka materi bagian present participle setelahnya kalian bisa latihan soal present participle agar lebih bagus lagi memahami materi ini.

Contoh Present participle sebagai predikat atau kata Kerja;

  • John is sitting here now
  • My friends are eating an apple 
  • They were talking to my sister at this time last night.
  • The cat was walking into the kitchen 
  • I am reading an article about present participle on 99toefl.com
  • I will be submitting the report at 7 pm tomorrow.
  • My brother would be going to school
  • They have been sitting here for five minutes
  • The boy has been reading this website for ten minutes
  • I had been learning this lesson yesterday 
Note : 
  • Perhatikan kata yang saya garis bawah, kuncinya adalah v1 ing atau present participle ini bisa dijadikan verb kalimat jika ditambahkan kata kerja bantu tobe sebelumnya , kalian bisa pilih tobe sesuai keinginan kalian. 
  • Ketika v1 ing atau present participle ini sudah difungsikan sebagai predikat/verb kalimat, maka tidak boleh ada verb lagi muncul dalam kalimat tersebut y guys. coba lihat contoh yang salah ini : I am sitting here will go to jakarta. 

Sebagai Adjective ( kata sifat )

Fungsi yang kedua dari present participle adalah sebagai adjective atau kata sifat. kata Sifat fungsinya hanya sebagai penjelas kata benda, atau gampangnya cuma sebagai pemanis kata benda aja guys. Ciri ciri present participle adalah kata sifat bisa dilihat dari dua hal;

tidak ada tobe sebelum ving tersebut, dan letaknya sebelum atau setelah kata benda. so, terserah kalian present participle tersebut mau dijadikan verb atau adjective, jika dijadikan adjective makan ving tersebut jangan dikasih tobe dan letaknya bisa sebelum/setelah benda.

contoh present participle sebagai kata sifat letak setelah benda ;

A boy eating an apple is my friend. I see a boy loving you

perhatikan kata yang saya garis bawah, present participle tersebut tidak ada tobe nya dan letaknya setelah benda yang pertama benda yang berada di subjek yaitu A boy, dan benda berada di belakang sebagai Objek yaitu A boy .

Note : Jika present participle difungsikan sebagai kata sifat maka v1 ing tersebut menjadi satu kesatuan dengan kata benda yang dijelaskan jadi kalau di simpulkan di kalimat pertama subjeknya adalah A boy eating an apple ( laki laki yang makan apel ), dan Objeknya A boy loving you ( laki laki yang mencintai kamu ).

Sampai sini paham ya guys. nanti kalau di soal dipelajari dulu ya kalau misal ada kalimat tidak lengkap seperti ini :

The Boy ...... in the class will go to school tomorrow.
  • sits
  • is sitting
  • sitting
Jawaban : Sitting ( Adj )
Jawaban sitting karena soal tersebut sudah memiliki kata kerja yaitu will go maka tidak boleh memilih jawaban verb lagi, sedangkan sitting itu bukan verb hanya pemanis The boy, yaitu adjective maka tidak ada dua verb dalam soal tersebut jika jawabannya adalah sitting. 

Sampai sini paham kan materi present participle ?? Materi present participle sering muncul dalam soal TOEFL bagian structure dan juga TBI STAN, maka pahami materi ini baik baik. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "Apa itu present participle dalam materi Grammar Structure TOEFL dan TBI STAN"