Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penggunaan adverb Clause Connector / Adverbial Clause

Overview Penggunaan adverb Clause Connector

Materi kali ini sudah masuk Multiple Sentence, yaitu kalimat lebih dari satu. Ketika kalimat lebih dari satu maka ada dua jenis kalusa yaitu Indepndent dan Dependent Clause. Materi tentang Adverb Clasue akan membahas cara yang mudah menggunakan adverb clause connector didalam kalimat. tentunya soal dua multiple cluase muncul di soal structure TOEFL, jadi anda harus mengenal Apa itu soal Structure TOEFL.

Adverb Clasue Connector termasuk dalam materi Anak kalimat/Dependent Clasue dimana kita belajar bagaimana menyambung kalimat dengan connector adverb clause. kenapa namanya adverb clause connector? karena konektor ini bermakna adverb atau keterangan dalam istilah bahasa indonesianya. Silahkan buka buku modul skill 7 dan 8 tentang “use adverb clause connector”
Baca juga : Apa itu Appositive 

Pembagian Jenis Adverb Connector

1. Adverb Connector bermakna Time/ waktu
Before, After,When, Since, as, as long as, as soon as, by the time, once, until, whenever, while

2. Bermakna Cause / Akibat sebab
Because, as, inasmuch as, now that, since

3. Bermakan Condition/syarat
If, Unless, in case provided,providing, whether

4. Contrast/pertentangan
Although, even though, though, while, whereas

5. Bermakna manner/ Cara
as, in that

6. Bermakna place/tempat
where, wherever
Baca juga : Prepositional pharse

Cara penggabungan kalimat dengan Adverb clause connector

Kalimat 1 connector kalimat 2
Connector kalimat 2, kalimat 1

contoh ;

John goes to school though he feels sick
though John feels sick, He goes to school

Catatan

Penggabungan kalimat dengan Adverb connector bisa dengan dua cara, yaitu penempatan connector nya diantara kalimat pertama dengan kalimat kedua dan tidak perlu ditambahkan komma sebelum connector, jadi gak seperti ini : john goes to school, after he feels sick

Cara kedua dengan meletakkan connector di depan diikuti kalimat kedua setelah selesai menulis kalimat ke dua diberi tanda komma, baru tulis kalimat induknya yaitu yang berpola s dan v.
ingat!! setelah komma kalimat harus berpola s dan verb bukan connector s dan verb, jangan seperti ini ya ; though John feels sick, because he goes to school.

Apa yang perlu difokuskan dalam materi Adverb Clasue Connector?

  • Letak dan Penulisan Connector ( ditengah/didepan?
  • Pola kalimat yang digabungkan. ( s v )

Materi tentang adverb clause connector sebenrnya mudah, namun kadang siswa terkecoh dengan soal yang panjang, trik untuk soal panjang yaitu dengan menghilangkan prepotional pharse agar kalimatnya bisa lebih pendek dan bisa diketahui subjek dan verbnya.
Tujuan dalam mengerjakan soal structure adalah bisa melengkapi kalimat, jika soal sudah dua kalimat atau lebih maka akan ada connector/conjunction sebagai penghubung kalimat, so kalian cukup ingat ingat bagaiamana cara penggunaan connector baik yang coordinate connector maupun adverb connector.

Saya kira cukup untuk materi kita tentang penggunaan adverb clause connector, materi tentang adverb clause connector bisa dengan mudah dipahami jika anda sambil melihat modul toefl dan setelahnya aplikasikan degan soal soal sesuai topik yang kita diskusikan kali ini.
sekian dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Penggunaan adverb Clause Connector / Adverbial Clause"