Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Adjective clause Pola 1 lengkap dengan soal dan pembahasan

Materi Grammar Adjective Clause lengkap dengan contoh dan latihan soal

Adjective clasue termasuk jenis Dependent clause, kita sudah belajar tentang clause ya, so baca lagi jika belum paham. Materi adjective clause akan diulas dengan lengkap meliputi pengertian , pola ,penempatan, dan juga fungsinya. soal adjective clause sering muncul dalam tes TOEFL baik dibagian soal structure maupun written. materi ini cukup penting dipahami agar kalian bisa membuat kalimat lebih dari satu dan berkualitas. silahkan buka modul dan cari bab adjective clause.

Pengertian adjective clause

adalah anak kalimat yang berfungsi sebagai penjelas katabenda baik kata benda yang digunakan sebagai subjek atau objek kalimat. materi kata benda perlu kalian kaji kembali jika belum paham.
dari namanya sudah bisa kita simpulkan, adjective atau kata sifat itu berguna sebagai penjelas benda, benda bisa dijelaskan dengan kata sifat agar maknanya lebih jelas lagi.

Pola adjective clause

Pola 1 : conjunction s v
pola 2 : Conjunction v

Penempatan adjective clause

1. Setelah subjek
2. Setelah obek of verb
3. Setelah Objek of preposisi

Cara penggabungan didalam kalimat; pola adjective clause 1 : conjunction s v

Note : conjunction whom ( jika yang dijelaskan orang ), Which ( penjelas benda), that ( orang/benda ) conjunction jika diartikan dalam bahasa indonesia bermakna “yang”

Penjelas subjek ( letakkan adjective clausenya tepat setelahnya )

The boy ( whom i see ) will go to jakarta ; Anak laki laki yang saya lihat tersebut akan pergi ke jakarta
The book (which i bring)  is good; Buku yang saya bawa sangat bagus
adjective clasue merupakan penjelas kata benda baik orang maupun benda mati, conjunction yang digunakan juga harus diperhatikan , sesui dengan yang dijelaskan, untuk melihat siapa yang dijelaskan tinggal lihat saja kata sebelum penghubung, kata benda kategori orang atau benda mati.


Adjective clause hanyalah penjelas benda, jadi dia akan menjadi satu bagian dengan bendanya, jika benda yang dijelaskan menjadi subjek, maka adjective clausenya juga bergabung melebur menjadi subjek. namun jika anda bingung, tandai saja adjective clausenya dan hialngkan agar lebih mudah untuk menganalisa kalimat intinya. beberpa contoh salah :

The Boy (which i see) will go to jakarta : salah conjunction
The boy (whom see) will go to jakarta : pembuatan adjective clause kurang subjek
The boy ( whom i see ) to jakarta : Kata kerja intinya belum ada, jadi disitu hanya ada subjek 
( The boy )

The boy (whom do i see) will go to jakarta : Pembuatan adjective clause harus pola conj s dan verb, tidak boleh terbalik, dan diawali oleh kata kerja bantu.

Contoh soal :
The book .......... gives to me is very good.
a. whom she
b. it
c. which
d. which she

jawaban : d

Soal tersebut belum lengkap, sekilas ada dua kata kerja; gives dan is
didalam kalimat tidak boleh ada dua kata kerja kecuali salah satunya ditambahkan penghubung. jika ada dua kata kerja maka ada dua kalimat; Induk dan anak kalimat. is adalah kata kerja asli/inti sedang gives adalah kata kerja kedua dimana dia harus dibuat anak kalimat agar bisa bergabung didalam kalimat tersebut.


anak kalimat yang letaknya setelah kata benda, maka anak kalimat tersebut adalah adjective clause, dia akan menjadi satu bagian dengan kata beda yang dijelaskan, jika subjek yang dijelaskan, maka subjenya sampai dengan adjective clause. perhatikan
The boys whom i see will go to jakarta ( Subjek ; the boy sd see )

Penjelas objek nya verb

Letak : tepat setelah objek
I see the boy whom you love
I bring a book which you give

Perhatiakan posisi anak kalimat whom you love dan which you give, mereka berada setelah objek the boy dan a book, jadi kalimat tersebut diatas memiliki objek yang diperjelas oleh adjective clause. anda bisa mengatakan the boy sd whom you love sebagai objek. atau anda bisa memberikan tanda bahwa whom you love hanyalah penjelas objek the boy.

contoh soal

I will meet my friends ........ you talk about.
a. whom he
b. whom
c. which

Jawaban : b

Soal diatas memiliki dua verb, meet dan talk, jika ada dua verb, maka ada dua kalimat yaitu induk dan anak kalimat, kata kerja yang sebelumnya ada titik2nya harus dijadikan anak kalimat agar kata kerja dikalimat tersebut ganda. boleh ada dua verb tapi salah satu verbnya harus dikasih penghubung. rangakaian conjunction s v adalah anak kalimat, anak kalimat yang berada tepat setelah benda bernama adjective clause.

I will meet my friends : Induk kalimat
Whom you talk about : anak kalimat

Penjelas objek nya preposisi

Preposisi selalu diikuti kata benda , kata benda setelah preposisi adalah objek nya preposisi.
I talk about the boy whom you love
whom you love adalah anak kalimat yang berada setelah the boy, anak kalimat yang terletak setelah kata benda, berfungsi sebagai penjelas kata benda itu, jadi whom you love adalah adjective clause penjelas objek nya prepisisi about.

Sialahkan translate

Televisi yang saya akan beli harganya mahal.
saya membeli televisi yang kamu rekomendasikan
Saya akan pergi dengan laki laki yang kamu lihat
Nah, itulah adalah materi tentang adjective clause, lengkap dengan pengertian , rumus, fungsi, penempatan dan contoh soalnya. untuk adjective clause pola ke dua akan kita bahas di materi berikutnya. sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Materi Adjective clause Pola 1 lengkap dengan soal dan pembahasan"