Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Structure TOEFL: Past Participle

Past Participle

materi past participle lengkap dengan penjelasan
Adalah kata kerja bentuk ke-3 dalam bahasa inggris. Baik v3 yang perubahannya teratur yaitu berakhiran ED maupun yang tidak teratur. ini akan muncul di dalam tes TOEFL y guys jadi harus paham betul materi participle.
Contoh : Played, written

Ga usah pusing pusing guys, jadi ini hanya istilah untuk meyebut kata kerja bentuk ke-3 dalam bahasa inggris. Tapi jangan sampai terjebak ya guys v3 nanti bisa berfungsi sebagai kata kerja bisa juga sebagai kata sifat. Oleh karena itu jangan buru-buru menyimpulkan v3 itu adalah kata kerja kalimat walaupun artinya menunjukkan kegiatan. Seperti present participle , v3 juga memiliki fungsi ganda. Yaitu kata kerja kalimat dan kata sifat. Untuk lebih jelasnya kita bahasa di fungsi past participle.

See also : Modul TOEFL ITP

Fungsi Past participle

Sebagai kata kerja kalimat/ verb of a sentence

Ciri ciri kata kerja v3 adalah predikat kalimat sebelumnya ada kata kerja bantu have ( have,has,had,having ) dan tobe ( is,am,are,was,were,be,been,being ).
Jadi nanti lihat dulu guys sebelum v3, itu ada kata kerja bantunya tidak ya, kalau ada ya itu v3 nya jadi verb, satu kesatuan dengan kata kerja bantunya. Perhatikan contoh dibawah ini.

My friends have played football, I had gone to school.

Kata yang saya garis bawah adalah gabungan kata kerja bantu have dan v3, jadi v3 di contoh kalimat diatas adalah verb kalimat ya guys, kesimpulannya klo v3 ingin jadi verb kalimat maka harus dikasih kata kerja bantu dlu biar menjadi verb sejati kalimat. Ga bisa v3 jadi verb kalimat tanpa ada kata kerja bantu dlu, kenapa? Ya karena aturannya kayak gitu dalam bhasa inggris, walaupun klo dalam bahasa indonesia kata kerja v3 itu menunjukkan kegiatan tetap blum bisa namanya verb kalimat klo ga ada kata kerja bantu have/tobe dlu. Ayo kita lihat contoh yang lain.

A book is taken by me, The balls were played by me.

Contoh kalimat diatas juga menggunakan v3 sebagai kata kerja kalimat y guys, perhatikan kata yang bergaris bawah, ada tobe dan v3, maka dua kata itu menjadi verb kalimat.
Perbedaannya adalah kalau have + v3 ( Aktif ), tobe + V3 ( Pasif )
Bedanya Cuma dalam arti ya guys , aktif subjek melakukan kegiatan, sedang pasif subjek dikenai kegiatan.

Sebagai kata Sifat ( Adjective )

Kalau v3 tidak ada have/tobe nya maka kata kerja itu bukan verb y guys, kok bisa? Ya itu emng aturannya, kalau ga ada kata kerja bantu have/tobe maka v3 itu menjelaskan kata benda sebelumnya. Jadi Cuma menjadi pemanis aja y guys. perhatikan contoh dibawah ini;

A book written by me is my friend, An unpaid bill  is so big, I see a boy seen by you.

jadi v3 baik yang ed maupun irregular bisa menjadi kata sifat , penjelas benda jika tidak ada tobe/have sebelumnya.lokasi v3 ini sbg adjective bisa tepat setelah benda maupun sebelum benda yang dideskripsikan. secara gampangnya adjective hanyalah temannya kata benda.
Note : hati2 ya guys v3 bisa menjadi verb, bisa juga menjadi adjective. olehkarena itu kalian harus jeli jika mendapatkan soal katogori ini.
itulah penjelasan tentang past participle dalam materi structure TOEFL pbt/itp.


Post a Comment for "Materi Structure TOEFL: Past Participle"